TIPS MENGATASI INSOMNIA 

Gangguan tidur yang satu ini cukup sering terjadi yaitu insomnia. Insomnia biasanya membuat seseorang susah tidur, kesulitan untuk tetap tidur. Atau membuat seseorang mudah terbangun dan bangun terlalu cepat sehingga susah kembali tidur. Kebanyakan penderita insomnia akan merasa kelelahan saat terbangun. Gangguan tidur di malam hari bisa mempengaruhi aktivitas sepanjang hari. Tidur yang cukup merupakan salah satu pola hidup sehat yang wajib untuk dipatuhi. Memiliki tidur yang cukup memberikan waktu bagi tubuh untuk membangun kembali daya tahan tubuhnya. Seseorang yang kurang tidur pun bisa menimbulkan berbagai penyakit.

TIPS SEDERHANA MENGATASI INSOMNIA

Penyebab insomnia ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti gaya hidup ataupun suasana kamar yang kurang nyaman. Adanya gangguan psikologi, masalah kesehatan fisik maupun efek samping obat-obatan. Ada berbagai obat yang membantu seseorang lebih cepat tidur, namun harus berdasarkan resep dan arahan dokter. Biar lebih aman, cobalah mengatasi insomnia dengan alami sebelum mengambil langkah minum obat. Berikut beberapa tips mengatasi insomnia secara sehat, sebagai berikut:

  • Gaya hidup sehat

Gaya hidup menjadi salah satu faktor pemicu insomnia. Gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok, terlalu banyak minum kopi berkafein, juga makan makanan yang tidak sehat. Hal itu bisa meningkatkan risiko gangguan tidur seperti insomnia ini. Untuk itu cobalah menerapkan gaya hidup sehat dengan menghindari hal-hal tadi. Dan biasakan mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan nutrisi

  • Suasana kamar yang nyaman

Insomnia bisa terjadi karena suasana kamar yang tidak nyaman. jika insomnia terjadi berkepanjangan, cobalah mengubah pengaturan kamar agar lebih nyaman. desain kamar tidur dan tata agar kamu lebih nyaman dan bisa lebih mudah tertidur saat malam hari. 

  • Atur jadwal tidur

Waktu tidur yang berubah-ubah dapat menjadi pemicu terjadinya insomnia. Karena mengganggu pengaturan metabolisme tubuh dan mempengaruhi siklus tidur dan bangun pada pagi hari. Untuk itu mengatur jadwal tidur akan memudahkan tubuh untuk beristirahat, sehingga terhindar dari insomnia.

  • Berolah raga 

Insomnia juga bisa diatasi dengan rutin melakukan aktivitas fisik atau berolahraga. Rutin berolahraga  dapat memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat berolahraga ini antara lain bisa mengatur suasana hati menjadi lebih baik, memberi energi lebih, dan juga meningkatkan kualitas tidur.

  • Relaksasi sebelum tidur

Relaksasi bisa dilakukan 30 menit sebelum waktu tidur. Bisa dengan membaca buku, mendengarkan musik atau yang lainnya. Anda juga bisa mematikan lampu atau menerapkannya satu jam sebelum tidur. Hindari hal yang bisa menstimulasi otak untuk bekerja, seperti bermain gadget atau membuka media sosial.

  • Hindari tidur siang berlebihan

Tidur siang sering dijadikan alternatif untuk memenuhi kebutuhan ketika kurang tidur di waktu malam. Namun kebiasaan tidur siang terlalu lama justru dapat mempengaruhi kualitas tidur malam. Jangan terbiasa untuk tidur siang dalam waktu lama untuk mengganti jam tidur malam. Cobalah untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari.

  • Segelas susu hangat

Insomnia dapat terjadi karena adanya gangguan pada melatonin. Melatonin adalah hormon yang mengatur jam tubuh terutama pola tidur dan pola bangun. Untuk itu cobalah mengkonsumsi segelas susu hangat pada malam hari sebelum tidur. Susu mengandung kalsium yang membantu otak memproduksi hormon melatonin, sehingga insomnia bisa terhindari.

Itulah beberapa tips mengatasi insomnia yang dapat anda lakukan. Jika insomnia sudah mulai mengganggu aktivitas dan tak kunjung membaik. Sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan khusus. Terutama insomnia sudah mempengaruhi kualitas hidup, mood, dan kesehatan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *