INGIN MEMILIKI MOBIL, NAMUN BELUM TAHU JENIS KOMPONEN MOBIL? SIMAK PENJELASAN BERIKUT!

INGIN MEMILIKI MOBIL, NAMUN BELUM TAHU JENIS KOMPONEN MOBIL? SIMAK PENJELASAN BERIKUT!

Dalam memiliki mobil tentu saja harus di rawat para pemiliknya. Mobil ini merupakan benda yang memiliki banyak jenis komponen yang lengkap. Salah satu komponen tersebut, seperti gearbox, poros penggerak, suspensi, rem, dan kemudi. Komponen tersebut harus terawat dengan baik, karena jika salah satu komponen tersebut mengalami kerusakan maka dapat dipastikan seluruh kinerja mobil bisa terhambat. Namun, saat ini mobil modern yang sudah beredar dan dijual dipasaran ini memiliki lampu indikator yang bisa memberikan sinyal ketika terjadi mesin mengalami kerusakan. Jika mobil mogok atau mesin mendadak serta rem mobil mengalami masalah maka hal ini bisa diketahui karena adanya kerusakan pada komponen mesin mobil. Maka dari itu, jika ada lampu indikator yang menyala maka segera bawa ke bengkel. Agar tidak mengalami kerusakan yang lebih parah.

Jenis Komponen Mobil Yang Paling Utama

Komponen mobil ini memiliki dua bagian yang terpenting yaitu komponen interior dan komponen eksterior. Untuk komponen interior ini tentu saja pada bagian mesin dan untuk komponen eksterior ini pada bahan body mobil. Bagian tersebut memang sama-sama penting, karena jika mengalami kerusakan maka dapat diketahui terdapat masalah pada bagian yang lainnya. Berikut, komponen utama dalam mobil yang dapat anda ketahui;

  • Mesin

Komponen utama mobil yaitu mesin. Mesin ini merupakan jantung dari setiap mobil. Jenis bahan bakar yang digunakan mesin mobil ini dapat berupa diesel, etanol, bensin, listrik, dan engine. Sehingga memerlukan ganti oli yang dapat mencegah keausan.

  • Gear box (transmisi)

Gearbox atau transmisi ini merupakan komponen yang letaknya terdekat dengan engine. Gear box ini merupakan penentu kecepatan mobil, terdapat di dalamnya berupa roda gigi yang dapat berubah sesuai dengan arahan pengemudi. Kecepatan kendaraan mobil ini memang beragam, sehingga roda gigi ini dapat diubah satu rasio ke rasio yang lainnya. Transmisi ini memang memiliki dua jenis yaitu manual dan otomatis. Dan transmisi ini merupakan komponen kendaraan yang sulit diperbaiki.

  • Rem

Komponen mobil seperti rem ini merupakan hal yang sangat penting. Karena fungsi rem mobil ini dapat membantu mengurangi dan menghentikan laju kendaraan. Karena jika komponen rem ini bermasalah maka dapat mengakibatkan kecelakaan parah. Sangat penting juga dalam memperhatikan bagian rem yang dapat rusak karena termakan usia. Pada mobil modern ini sistem pengereman sudah canggih, yaitu menggunakan sensor. Mobil tersebut dapat berhenti sendiri dengan bantuan sensor tersebut, ketika mengalami tabrakan.

  • Drive axle (poros penggerak)

Komponen drive axle ini merupakan komponen yang dapat berfungsi untuk mendorong kendaraan. Poros penggerak ini merupakan satu suku cadang mobil terbesar pada setiap mobil.

  • Filter minyak

Fungsi filter minyak ini dapat membersihkan debu dan partikel abrasif dari oli mesin. Partikel abrasif ini dapat menyebabkan mesin rusak serta mesin tidak bekerja secara maksimal. Filter minyak ini digunakan untuk membersihkan minyak mesin dari partikel debu.

  • Sasis

Sasis otomotif merupakan kerangka kendaraan yang mendukung mesin, rem, kemudi, gandar, ban, dan lainnya. Sasis ini merupakan bagian yang terpenting dari kendaraan mobil. Yang terbuat dari bahan baja ringan atau bahan aluminium. Saat ini banyak kendaraan yang menggunakan sasis lapis baja yang memiliki daya tahan lebih bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *