HINDARI HAL BERIKUT SAAT MELEWATI JALAN TOL AGAR TIDAK TERJADI KECELAKAAN

HINDARI HAL BERIKUT SAAT MELEWATI JALAN TOL AGAR TIDAK TERJADI KECELAKAAN

Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan yang sangat dibutuhkan saat ini, guna mengurangi kemacetan di perjalanan. Dan jalan tol saat ini sangat dibutuhkan. Jalan tol yang di bangun khusus untuk rodan empat ini memiliki tujuan untuk mempercepat dalam mobilisasi pengemudi yang dapat menyebabkan kecelakaan di jalan tol. Walaupun jalan tol ini jalan bebas hambatan, bukan berarti anda dapat terhindar dari kecelakaan jika tidak berhati-hati saat berkendara. Pasalnya kecelakaan di jalan tol ini bisa saja terjadi dengan berbagai macam penyebabnya. Berbagai spekulasi bermunculan, seperti faktor manusia hingga hal lain yang menjadi faktor penyebab kecelakaan di jalan tol.

Penyebab Kecelakaan Di Tol

Jalan tol atau jalan bebas hambatan ini dapat memberikan kenyamanan saat melakukan perjalanan. Dengan menggunakan jalan tol ini dapat mempersingkat jarak tempuh. Dengan kecepatan mengemudi rata-rata 60km/jam dapat mempercepat jarak tempuh. Namun, selain dapat mempersingkat waktu perjalanan, saat mengendarai roda empat di jalan tol ini harus berhati-hati agar selamat dari kecelakaan. Faktor penyebab kecelakaan di jalan tol ini 70 persen terjadi akibat kesalahan pengemudi serta 30 persen disebabkan oleh kerusakan kendaraan yang digunakan. Maka dari itu, ketika terjadi kecelakaan ini maka terdapat adanya dampak setelah terjadi kecelakaan tersebut. Berikut, faktor yang menyebabkan kecelakaan di jalan tol;

  • Rem blong

Terjadinya kecelakaan di jalan tol ini dapat disebabkan karena kerusakan kendaraan. Dan rem blong inilah sumber penyebab terjadinya kecelakaan. Rem blong ini terjadi karena mesin mobil, seperti minyak rem habis, kanvas dan piston rem rusak atau karena umur mobil yang tua. Minyak rem ini sering menyebabkan rem mobil blong. Selang minyak rem tersumbat dapat mengakibatkan pengereman tidak bekerja secara maksimal sehingga mobil tidak dapat dihentikan dengan gerak pedal rem diinjak. Cara agar menghindari kerusakan ini adalah rajin melakukan servis mobil. Idealnya mengganti minyak rem itu setiap enam bulan sekali dan maksimal 1 tahun sekali.

  • Kondisi jalan

Kualitas jalan juga dapat menyebabkan terjadi kecelakaan di jalan tol. Memang di jalan tol ini masih banyak jalan yang kurang dalam perawatan nya. Seperti jalan tol yang berlubang dan rapuh ini merupakan sebab pengemudi mengerem secara mendadak sehingga dapat menyebabkan kecelakaan beruntun. Selain kondisi jalan, kontur jalan tol ini juga dapat menyebabkan kecelakaan. Semisal jalan tol yang berkelok ini dapat mempersulit pengemudi yang baru belajar, serta ketika jalan tol ini lurus terus juga membuat pengemudi tidak awas dengan kondisi di depan.

  • Muatan berlebih

Dalam mengendarai di jalan tol ini memang harus memperhatikan kapasitas muatan. Mobil yang memiliki kelebihan muatan ini dapat mengakibatkan laju mobil tidak seimbang, sebab bagian depan mobil menjadi lebih ringan. Saat pengemudi mengerem mendadak ini juga sangat berbahaya, karena muatan di bagian belakang dapat bergeser ke depan dan akan mengakibatkan ketidakseimbangan mobil. Sehingga mobil tersebut dapat oleng dan berakhir dengan kecelakaan. Jika ingin membawa muatan lebih maka gunakan lah kendaraan yang dapat menampung muatan maksimum guna menghindari kecelakaan di jalan tol.

Demikian, itulah faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan di jalan tol. Oleh karena itu, wajib bagi pengendara untuk mengutamakan keselamatan untuk diri sendiri maupun orang lain. Selalu waspada dan berhati-hati saat berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *